PENCARIAN DATA SPASIAL

PUSAT INFORMASI GEOSPASIAL KELAUTAN INDONESIA

(MARINE GEOSPATIAL INFORMATION CENTRE)

PUSAT HIDROGRAFI DAN OSEANOGRAFI TNI AL

Aplikasi ini merupakan pintu masuk ke dalam aplikasi GIS. Sebagai portal, aplikasi ini dapat digunakan untuk menampilkan informasi penting dan aktual terkait data hidro-oseanografi di Indonesia, seperti data survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum. Untuk kepentingan keselamatan navigasi pelayaran, Pushidrosal mempunyai kewenangan dan legalitas tunggal di bidang hidrografi dalam menyiapkan dan menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi berupa peta laut (peta kertas maupun peta navigasi elektronik) dan buku-buku nautika. Pushidrosal ditetapkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1951 tanggal 31 Maret 1951 (PP RI No. 23/1951) dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 164 Tahun 1960 tanggal 14 Juli 1960 (Keppres RI No. 164/1960), mengemban fungsi sebagai Lembaga Hidrografi Militer dan Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG) telah di atur tentang perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. IG sangat berguna sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan ketahanan nasional, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan, dan kepariwisataan. IG juga merupakan informasi yang amat diperlukan dalam penanggulangan bencana, pelestarian lingkungan hidup, dan pertahanan keamanan.

Publikasi C-17 IHO tentang Spatial Data Infrastructures For The Marine Dimension: Guidance For Hydrographic Offices, edition 1.1.0 february 2011, IHB, monaco, 2011. publikasi IHO ini menjadi pedoman bagi kantor hidrografi untuk membangun Marine Spatial Data Infrastructures yang diarahkan untuk mampu mendukung peningkatan kapabilitas fungsinya dalam pengelolaan metadata ruang laut secara terintegrasi dan mengefektifkan serta mengefisienkan fungsi pelayanan kantor hidrografi rangka mendukung penggunanya

Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer, bertanggung jawab untuk mampu menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi yang akurat dan mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional. Sedangkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia, Pushidrosal mempunyai tanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berita

Rilis: 03/24/2017 - 06:31

Jakarta, 11 September 2017 ----- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal...

Layanan Lain